Visi
Menjadi program studi S2 Terapan Pemasaran, Inovasi dan Teknologi yang unggul pada skala ASEAN tahun 2030, dengan fokus pada pengembangan ekonomi berkelanjutan (sustainable economy).
Misi
- Mengembangkan sumber daya manusia yang inovatif dan kompeten dalam pemasaran digital, teknologi, dan inovasi yang mendukung pembangunan berkelanjutan;
- Berkontribusi pada penyelesaian isu-isu global terkait ekonomi digital hijau, dengan dukungan kolaborasi akademik, penelitian, dan kemitraan industri;
- Membekali lulusan dengan kemampuan untuk mengembangkan solusi bisnis yang berorientasi pada keberlanjutan melalui pemanfaatan teknologi.
- Lulusan Prodi S2 Tr. PIT memiliki pengetahuan komprehensif, yang terdiri dari dua pilar utama, yaitu pengetahuan dasar dan pengetahuan spesifik. Pengetahuan dasar lulusan yaitu pemasaran, inovasi, dan teknologi yang menjadi fondasi dalam menerapkan strategi dan pengetahuan dalam bidang pemasaran. Pertama, pemahaman mendalam tentang pemasaran memungkinkan mereka untuk menganalisis pasar, mengidentifikasi peluang, dan merancang strategi pemasaran yang efektif. Kedua, pengetahuan tentang inovasi memberikan lulusan kemampuan berpikir kreatif dan menciptakan ide-ide baru untuk mendapatkan keunggulan. Ketiga, pengetahuan tentang teknologi penting dalam dunia pemasaran modern, karena membantu lulusan memanfaatkan perangkat digital untuk melakukan analisis data dan membuat berbagai keputusan pemasaran, seperti media sosial, artificial intelligence, dan berbagai tools lain agar proses pemasaran menjadi lebih efisien. Terakhir, pemahaman bahwa kegiatan pemasaran dilakukan untuk mendukung bisnis yang tidak hanya akan bertahan sementara, tetapi berkelanjutan, sehingga seluruh kegiatan dan proses pemasaran dilakukan juga untuk mencapai tujuan sustainability.
- Lulusan diharapkan menjadi profesional yang berinovasi dalam memanfaatkan teknologi informasi guna mendukung ekonomi digital berkelanjutan. Kompetensi lulusan mencakup:
1. Manajer Pemasaran Digital
2. Manajer Pemasaran Keberlanjutan
3. Manajer Pengembangan Produk Keberlanjutan
4. Manajer E-CRM
5. Manajer dan Konsultan Inovasi
6. Manajer Pengembangan Bisnis dan Pengusaha
7. Akademisi/Dosen
Secara garis besar ada 4 (empat) capaian pembelajaran yang akan dikembangkan pada program magister terapan ini, yaitu;
1. Aspek sikap
2. Aspek pengetahuan
3. Aspek keterampilan umum
4. Aspek keterampilan khusus
Kurikulum
Secara keseluruhan jumlah SKS pada program ini adalah 54 SKS dan dapat ditumpuh 3 (tiga) semester. Struktur matakuliah dalam kurikulum adalah sebagai berikut :
1.Strategi pemasaran
2.Perilaku konsumen digital
3.Metode Riset Pemasaran Lanjutan
4.Proses Bisnis & Teknologi
5.Sains Data untuk Pemasaran
1.Pemasaran Berkelanjutan
2.Pengembangan Produk Baru yang Berkelanjutan
3.Pemasaran Digital & Media Sosial
4.Inovasi dan Kewirausahaan
5.Kecerdasan Artifisial untuk Pemasaran
1.Magang*/Riset*/Kegiatan wirausaha*/Proyek independent*
2.Seminar
3.Tesis magisterv
1. Teknologi Informasi
2. Konsultasi
3. E-commerce
4. Perusahaan Startup
5. Indusri jasa (hotel, keuangan, pariwisata, dsb)
6. Perdagangan
7. Industri ritel
8. Dan industri lainnya yang membutuhkan skill bidang pemasaran, inovasi, dan teknologi
-
1. Fokus pada integrasi teknologi pemasaran, inovasi, dan konsep ekonomi digital hijau (digital green economy) yang mendukung pembangunan berkelanjutan
2. Metode pembelajaran yang menggabungkan Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PJBL), dan Case Study Method, yang dirancang agar lebih dari 50% kegiatan perkuliahan melibatkan kolaborasi dengan Dunia Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).
3. Menerapkan pendekatan unik pada kurikulum dengan menekankan pada pemanfaatan teknologi terkini, seperti Artificial Intelligence, Data Science, dan Digital Marketing, yang berorientasi pada pemasaran berkelanjutan.
4. Prodi ini dirancang untuk menjawab kebutuhan IDUKA yang mengutamakan kompetensi tidak hanya dari sisi keterampilan teknis (hard skills), tetapi juga aspek soft skills yang relevan untuk lingkungan kerja modern.